Kuliah di Jurusan Sastra Jepang dan Peluangnya Sebagai Penerjemah di Indonesia

Kuliah di Jurusan Sastra Jepang dan Peluangnya Sebagai Penerjemah di Indonesia

kuliah sastra jepang

freepik.com

Kita telah mengetahui bahwa bahasa internasional di dunia ini adalah Bahasa Inggris. Sudah pasti Bahasa Inggris menjadi bahasa paling utama yang begitu populer di dunia. Namun, perlu kamu ketahui bahwa ternyata ketertarikan masyarakat dunia terhadap bahasa asing lainnya juga tidak kalah besar. Selain Bahasa Inggris, salah satu bahasa yang berasal dari Asia Timur yaitu Bahasa Jepang juga sangat populer di kalangan masyarakat. Menyebarnya beragam budaya Jepang turut memengaruhi popularitas bahasa yang berasal dari Negeri Sakura ini. Sehingga, Bahasa Jepang menjadi salah satu bahasa asing yang dipelajari dan memiliki kuliah dengan nama jurusan yang umum yaitu Sastra Jepang di berbagai universitas.

Kuliah Sastra Jepang

Berkuliah di jurusan Sastra Jepang mungkin terdengar sedikit menantang. Terlebih bahasa yang kamu gunakan akan benar-benar berbeda dengan Bahasa Indonesia atau beberapa kata Bahasa Inggris yang biasa kamu dengarkan sehari-hari. Dalam Bahasa Jepang, sistem penulisannya menggunakan Hiragana, Katakana, dan Kanji. Jika kamu berkuliah di jurusan Sastra Jepang, kamu tidak hanya akan mempelajari bahasa dan peraturan tata bahasanya. Melainkan, kamu akan mempelajari sejarah hingga beragam kebudayaan unik dari Negeri Matahari Terbit ini. Berikut ini beberapa alasan mengapa kamu harus berkuliah di Sastra Jepang!

1. Kamu Bisa Mempelajari Tulisan Bahasa Jepang

Top view chinese ink elements composition

freepik.com

Sesuai dengan namanya, tentu saja kamu akan mempelajari ragam Bahasa Jepang. Ibu dan Bapak dosen di kampusmu akan mengajarimu bagaimana cara berbicara dengan menggunakan Bahasa Jepang. Selain itu, kamu juga akan menggunakan komunikasi verbal dengan 5 jenis huruf di antaranya Hiragana, Katakana, Kanji, Alphabet, dan Romaji. Kamu mungkin saja dapat mempelajarinya secara otodidak, namun jika kamu belajar di jurusan Sastra Jepang kamu tentunya akan lebih terstruktur dalam mempelajarinya. Kamu juga akan lebih mudah karena dibantu oleh tenaga pengajar di kampusmu.

2. Belajar Berbagai Kebudayaan Unik di Negeri Sakura

Asian woman wearing japanese traditional kimono at fuji mountain and cherry blossom in spring, fujinomiya in japan.

freepik.com

Kata Jepang tidak hanya identik dengan teknologi yang canggih, tetapi juga kebudayaan yang unik. Di jurusan Sastra Jepang, kamu akan mempelajari beragam kebudayaan unik di Jepang yang mungkin kamu sering temukan di film atau serial anime kesayanganmu. Beberapa kebudayaan dan tradisi di Jepang antara lain sebagai berikut:

  1. Geisha (Seniman tradisional Jepang)
  2. Matsuri (Festival musim panas)
  3. Sadou (Upacara minum teh)
  4. Kimono (Pakaian tradisional Jepang)
  5. Ikebana (Seni merangkai bunga)
  6. Ojigi (Tradisi membungkuk sebagai bentuk penghormatan pada orang lain)
  7. Seppuku (Ritual bunuh diri)

3. Mengetahui Beragam Cerita dari Sejarahnya

jepang

pinterest.com

Setiap negara memiliki sejarahnya masing-masing, begitu pula negara Jepang. Kamu pasti sudah familiar dengan tragedi Hiroshima & Nagasaki. Jika kamu kuliah di Sastra Jepang, kamu tidak hanya mengetahui sejarah tentang tragedi tersebut namun kamu akan mengetahui sejarah Jepang lainnya dengan lebih luas lagi. Dari jaman prasejarah, hingga bagaimana beragam kebudayaan Jepang terbentuk akan kamu temukan jika kamu kuliah di Sastra Jepang.

4. Menguasai Kesusastraan Jepang

kuliah sastra jepang

freepik.com

Sesuai namanya, yaitu Sastra Jepang, tentunya kamu akan mempelajari kesusastraan dalam Bahasa Jepang. Kesusastraan dalam Bahasa Jepang ini akan meliputi 5 periode sastra, yaitu Sastra Kuno (Zaman Nara), Sastra Klasik (Zaman Heian), Sastra Pertengahan (Zaman Kamakura, Namboku-cho, dan Muromachi), Sastra Modern (Zaman Azuchi Momoyama dan Edo), dan Sastra Kontemporer (Zaman Meiji hingga sekarang).

5. Lulusan Sastra Jepang Bisa Menjadi Penerjemah

kuliah sastra jepang

pinterest.com

Di Indonesia, kebutuhan akan penerjemah sangat besar. Meskipun kamu dapat memilih beragam jenis profesi lainnya yang terkait dengan Bahasa Jepang, kamu juga memiliki kesempatan besar yang menjanjikan jika menjadi penerjemah Bahasa Jepang. Pasalnya, penerjemah bahasa asing selain Bahasa Inggris teramat sangat dibutuhkan. Banyak sekali perusahaan besar yang berasal dari Jepang memiliki anak cabang perusahaan di Indonesia. Tentunya jika kamu menguasai Bahasa Jepang, kamu akan sangat dibutuhkan dalam membantu memperlancar komunikasi dan hubungan kerja sama antara orang Indonesia dengan Jepang.

Selain itu, kamu pasti sudah mengetahui bahwa Jepang sangat terkenal dengan berbagai film dan animenya. Bahkan komiknya yang disebut manga sangatlah laku di pasaran internasional. Nah, kamu bisa menjadi salah satu penerjemah untuk produk-produk tersebut. Selain itu, kamu bisa menjadi subtitle maker sekaligus menerjemahkan film atau video berbahasa Jepang. Menarik, bukan?

Bootcamp Penerjemah Bahasa Jepang!

Eits! Tunggu dulu!

Ternyata kuliah di Sastra Jepang tidak selalu menjamin kamu untuk menjadi penerjemah Bahasa Jepang ketika sudah lulus. Kuliah di Sastra Jepang bisa dikatakan sebagai penunjang untuk menjadi seorang penerjemah yang baik karena kamu sudah mengetahui banyak tentang negara Jepang. Untuk menjadi penerjemah Bahasa Jepang yang profesional, ikutilah Bootcamp Penerjemah Bahasa Jepang di Mediamaz!

Dalam bootcamp penerjemah, perusahaan Mediamaz TS bekerja sama dengan beberapa kursus ternama seperti EF dan LIA. Masa pelatihanmu hanya akan berlangsung selama 3 bulan, masa yang relatif singkat untuk hasil yang menjanjikan. Di akhir pelatihan, kamu akan mendapatkan sertifikasi yang akan membantu kamu untuk lebih berkembang dalam karier penerjemah. Bootcamp penerjemah ini terdiri dari dua bahasa yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang. Selain itu, Mediamaz TS sedang membuka Batch 1 pada periode 1-31 Agustus 2022. Kamu juga bisa mengikuti program tes sertifikasi di Bootcamp Penerjemah Mediamaz untuk menjadi penerjemah yang resmi. Apabila kamu berminat, kunjungilah situs resmi Mediamaz Bootcamp di sini untuk informasi lebih lengkap!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.