Perkembangan Teknologi: 5 Hal ini Harus Dipersiapkan

Perkembangan Teknologi: 5 Hal ini Harus Dipersiapkan

Perkembangan Teknologi: 5 Hal ini Harus Dipersiapkan

Seiring berkembangnya kemajuan teknologi, telah mengubah aktivitas manusia dalam segala bentuk kegiatan. Salah satu perubahan yang terjadi yakni adaptasi proses pada kegiatan belajar mengajar yang sebelumnya diterapkan secara konvensional (offline) menjadi lebih modern (online). Secara tidak langsung, hal ini memberikan tantangan dan tuntutan pada guru untuk dapat mengajar generasi digital native agar melek teknologi. Terlebih saat ini sedang berlangsung masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan setiap orang untuk membatasi segala aktivitasnya, termasuk sekolah. Maka dari itu mulai diterapkan berbagai upaya agar kegiatan belajar mengajar tetap terus berlangsung (daring). Artikel ini akan membahas hal apa yang harus dilakukan guru sekolah terutama guru sekolah dasar dalam mengajar di era digital seperti saat ini. 

 

Critical Thinking

Dalam menghadapi situasi perkembangan teknologi di era digital saat ini, setiap guru harus memiliki keterampilan dalam berpikir kritis. Dikatakan demikian karena apabila memiliki keterampilan tersebut, guru akan mampu menemukan problem solving atas permasalahan yang ada. Beradaptasi atau menyesuaikan hal ini memang bukan hal yang mudah. Sebab setiap murid memiliki kemampuan daya tangkap yang berbeda, apalagi ketika dalam masa daring saat ini. Dengan berpikir kritis, guru diharapkan dapat membuat para murid memiliki keinginan untuk belajar dan ikut mengerti akan situasi yang terjadi. 

Mengikuti Perkembangan Teknologi

Kemudian, setelah dapat menemukan solusi atas permasalahan yang terjadi. Guru harus bisa mengikuti perkembangan teknologi dan beradaptasi dengan hal tersebut. Dalam kegiatan belajar mengajar secara daring atau online ini, media yang digunakan adalah dengan mengandalkan teknologi internet atau berbagai platform. Apabila telah menguasai hal ini, guru dinilai akan memberikan metode belajar baru yang lebih menarik dan lebih praktis.

Menerapkan Discovery Learning

Discovery Learning adalah metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru untuk mendorong para murid agar bisa mengeksplorasi pengetahuan dan keterampilan secara mandiri. Dengan demikian, murid akan mulai mengenal satu persatu ilmu yang dipelajari yang didapat melalui berbagai sumber. Manfaat dari metode ini adalah untuk merangsang kemampuan dalam critical thinking dan problem solving agar bisa digunakan di kehidupan sehari-hari bahkan hingga jangka panjang (long life learning).

Collaborative and Blended Learning

Dengan adanya perkembangan teknologi saat ini, metode belajar yang satu ini bisa dibilang sebagai yang paling berpengaruh dalam kegiatan belajar mengajar secara online. Pasalnya, para murid diharuskan terbiasa menjalankan budaya belajar atau kerja kolaboratif dan merangsang kemampuan menjalin hubungan sosial dan berkomunikasi. Collaborative and Blended Learning adalah metode yang memanfaatkan teknologi secara total, maka dari itu para guru juga harus melek teknologi agar bisa membantu para siswa belajar dan beradaptasi dengan baik dan benar.

 

Layanan Mediamaz Translation Service

Demikian, informasi mengenai 5 hal yang harus dipersiapkan untuk menghadapi perkembangan teknologi di era modern saat ini.

Ingin studi keluar negeri? bingung terjemah dan legalisir dokumen? Tenang, karena ada Mediamaz Translation Service. Penyedia layanan jasa penerjemah tersumpah terpercaya yang telah berdiri semenjak tahun 1988. Bergerak dengan pengalaman, kami berhasil mengatasi berbagai klien dari berbagai perusahaan besar baik skala nasional maupun internasional. Informasi lebih lanjut, hubungi kami di sini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.