Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Fakta Menarik Osaka University, Salah Satu Universitas Terbaik Jepang

Negara Jepang memang terkenal banyak sekali memiliki universitas terbaik, salah satunya yaitu Osaka University. Salah satu universitas Jepang ini bukan hanya memberikan kesempatan pendidikan untuk masyarakat Jepang saja tetapi membuka beasiswa bagi masyarakat di luar Jepang. Osaka University memiliki banyak keunggulan dari fasilitas yang disediakan. Ditambah dengan sistem pembelajaran di tempat ini juga terbaik di Asia. Tidak salah jika pemerintah Jepang memilih Osaka University sebagai universitas top dan teratas. 

Untuk kamu yang penasaran tentang info dan fakta menarik dari universitas terkenal ini, simak penjelasan berikut sampai selesai ya!

Sejarah Osaka University

Universitas Jepang

Freepik

Osaka University merupakan salah satu universitas Jepang yang berdiri pada tahun 1931 dan berawal dengan nama “Imperial Osaka”. Sebelumnya, Osaka gabungan beberapa institusi pendidikan tinggi terkenal seperti Sekolah Tinggi Teknik Osaka, Sekolah Tinggi Kedokteran Osaka, dan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Osaka.

Awalnya, Universitas Imperial Osaka hanya memiliki empat fakultas yaitu Fakultas Sastra dan Ilmu Sosial, Fakultas Hukum dan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Alam, dan Fakultas Teknik. Seiring berjalannya waktu, universitas ini terus berkembang dengan fakultas baru seperti Fakultas Kedokteran, Fakultas Pendidikan, Fakultas Ilmu Pengetahuan, dan Fakultas Farmasi.

Pada tahun 1949 setelah berakhirnya Perang Dunia II, Universitas Imperial Osaka diubah namanya menjadi Osaka University dan berada di bawah pengawasan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi.

Sejak saat itu, Osaka University terus bertumbuh dan berkembang bahkan menjadi salah satu universitas yang terkemuka dan favorit. Bahkan juga diakui secara internasional dengan berbagai bidang diantaranya, ilmu pengetahuan, teknologi, kedokteran, dan humaniora.

Keunggulan Osaka University

Universitas Jepang ini memiliki banyak keunggulan dan juga sudah diakui secara internasional, beberapa di antaranya yaitu:

1. Akademik dan Penelitian Berkualitas Tinggi

Memiliki reputasi yang sangat baik dalam bidang akademik dan penelitian, terutama dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan kedokteran. Universitas ini pun memiliki banyak program studi yang berkualitas seperti program studi kimia, fisika, biologi, kedokteran, dan teknik.

2. Fasilitas Modern dan Canggih

Terdapat fasilitas yang sangat modern dan canggih termasuk di perpustakaan, laboratorium, pusat komputer, dan gedung perkantoran. Selain itu, universitas ini juga lengkap dengan fasilitas untuk olahraga, seperti kolam renang, lapangan tenis, dan lapangan golf.

3. Pendidikan Terintegrasi

Dengan menerapkan pendekatan terintegrasi untuk pendidikan dan penelitian, memungkinkan mahasiswa berkesempatan terlibat langsung dalam proyek penelitian dan eksperimen. Hal ini bisa membantu mereka dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuan praktis di dunia kerja.

4. Kehidupan Kampus Beragam

Menawarkan berbagai kegiatan dan organisasi di kampus, seperti klub mahasiswa, organisasi sosial, dan acara budaya, akan memberikan pengalaman yang berbeda bagi mahasiswa. Dengan beragam aktivitas kampus bisa untuk memperluas pengetahuan dan pengalaman mahasiswa di luar kelas.

5. Kerjasama Internasional Kuat

Memiliki kemitraan yang strategis dengan universitas dan institusi penelitian terkemuka di seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat, Eropa, dan Asia. Hal ini memungkinkan mahasiswa dan staf akademik bisa terlibat dalam proyek penelitian internasional yang inovatif dan menarik.

Penghargaan Osaka University

Universitas Jepang 1

Freepik

Universitas Jepang yang satu ini telah meraih berbagai penghargaan dan prestasi dalam bidang akademik dan penelitian. Berikut beberapa diantaranya, yaitu:

  1. Terpilih sebagai Universitas Pusat untuk “Pembangunan Pusat Pengabdian Masyarakat dan Pendidikan Tinggi” oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi pada tahun 2018.
  2. Masuk dalam peringkat 100 universitas teratas dunia menurut QS World University Rankings, Academic Ranking of World Universities (ARWU), dan Times Higher Education World University Rankings.
  3. Menerima Penghargaan Imperial Invention Prize dari Kaisar Jepang pada tahun 2018 untuk penelitian tentang sistem pemrosesan citra medis yang inovatif.
  4. Menerima Penghargaan Nagoya Medal of Organic Chemistry pada tahun 2020, yang merupakan penghargaan bergengsi dalam bidang kimia organik.
  5. Menerima Hibah Pusat Unggulan Global (Global COE) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi Jepang untuk Program Pendidikan Tinggi “Inovasi Ilmiah Berkelanjutan untuk Kehidupan Manusia dan Bumi” pada tahun 2007.

Selain itu, Osaka University juga memperoleh peringkat universitas yaitu:

  1. QS World University Rankings 2022: Peringkat ke-64 di dunia dan peringkat ke-3 di Jepang.
  2. Times Higher Education World University Rankings 2022: Peringkat ke-79 di dunia dan peringkat ke-4 di Jepang.
  3. Academic Ranking of World Universities (ARWU) 2021: Peringkat ke-90 di dunia dan peringkat ke-4 di Jepang.

Prestasi, penghargaan dan peringkat menunjukkan tingginya kualitas akademik dan penelitian di Osaka University serta dukungan dari masyarakat dan pemerintah Jepang.

Persiapan Kuliah di Universitas Jepang

Untuk kamu yang berminat mendaftar kuliah di Osaka University, berikut beberapa hal yang perlu disiapkan:

1. Menentukan Jurusan

Memilih mau masuk jurusan dan universitas mana biasanya cukup membingungkan dan memakan waktu. Sebab seseorang harus mencari referensi tentang universitas dan perlu mengecek juga pembelajaran di jurusan tersebut. Lakukanlah ini dengan tenang dan hindari terburu-buru, karena memilih jurusan sama dengan memilih masa depan dan rencana hidup selanjutnya.

2. Menyiapkan Kebutuhan Berkas dan Dokumen Lain

Untuk mendaftar di Osaka University membutuhkan beberapa dokumen persyaratan. Seperti formulir pendaftaran, transkrip nilai, ijazah, surat rekomendasi jika mendapatkan dari pihak jurusan, serta sertifikat Nihongo Noryoku Shiken atau JLPT jika ada. Persiapan kebutuhan ini akan memakan waktu lama karena beberapa dokumen biasanya menunggu pihak-pihak tertentu untuk dilegalisir atau diterjemahkan. 

3. Mengasah Kemampuan Bahasa Jepang

Walaupun kebutuhan ini tidak bersifat resmi, tetapi kemampuan bahasa Jepang untuk berinteraksi dengan teman-teman asli Jepang, mengakses literatur, berkomunikasi dengan dosen, dan kehidupan sehari-hari. Mempersiapkan bahasa dari setiap orang akan berbeda. Ada yang cepat bisa  dalam waktu enam bulan, satu tahun, atau selama tiga bulan berturut-turut.

4. Menyiapkan Dana dan Membuka Rekening

Membuka rekening bank menjadi penting bisa sebagai tempat masuknya uang beasiswa atau jika mengambil kerja paruh waktu, gaji pun akan masuk ke rekening tersebut. Membuat rekening bank cukup mudah selama memenuhi kewajiban persyaratan, seperti Kartu Izin Tinggal Terbatas dari universitas.

5. Mencari Kontak PPI di Jepang

PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) adalah organisasi pelajar Indonesia yang berada di luar negeri yang isinya pelajar-pelajar yang sedang melanjutkan studi di negara asing, termasuk Jepang. Apabila bisa mendapatkan kontak salah satu anggota PPI Jepang akan sangat bagus, apalagi yang sedang belajar di Osaka University. Mereka bisa membantu kamu mulai dari keperluan tempat tinggal, akses penting bagi pelajar Indonesia, kegiatan-kegiatan perhimpunan, dan lainnya.

 

Nah, bagaimana nih kamu semakin berminat untuk berkuliah di Osaka University kan setelah mengetahui fakta menarik dari universitas di Jepang ini. Tetapi yang paling penting pastikan berkas dokumen persyaratan terpenuhi ya. Jika kamu merasa bingung menerjemahkan keperluan seluruh dokumen, kamu bisa menggunakan jasa penerjemah tersumpah dan terpercaya. 

Jasa Penerjemah Tersumpah di Indonesia

Mediamaz Translation Service merupakan salah satu perusahaan penerjemahan yang memiliki layanan penyedia jasa penerjemah Tersumpah, Profesional, Interpreter dan Legalisasi. Fokus perusahaan ada pada industri pendidikan untuk menghantarkan para pelajar meraih mimpinya yang tinggi. Selain pendidikan, Mediamaz juga mendukung dan menjalankan bisnis penerjemahan profesional pertama di Indonesia dalam kebutuhan komunikasi nasional dan internasional.

Mediamaz Translation Service sudah berdiri dari tahun 1998, sehingga sudah memiliki kerja sama yang baik dengan perusahaan – perusahaan ternama di Indonesia maupun luar negeri. Perusahaan ini dapat dipercaya karena tim profesional kami yang sangat menjunjung komitmen tinggi dalam bekerja, baik dari segi penerjemahan, interpreter dan legalisasi. Sebagai informasi bahwa Mediamaz Translation Service merupakan unit bisnis dari PT. Mediamaz Solusindo Nusantara dengan nomor layanan ISO 9001:2015.

Selesaikan Permasalahan Penerjemahan di Mediamaz!

Apabila sedang mencari jasa penerjemah untuk keperluan dokumen berbahasa Jepang, Mediamaz Translation Service hadir sebagai agensi penerjemah terbesar di Indonesia dengan layanan cepat, harga terjangkau, serta profesional dan berkualitas. Mediamaz TS menyediakan layanan jasa penerjemah dokumen untuk banyak bahasa mulai dari Inggris, Jepang, Korea, Mandarin, Arab, dan masih banyak lagi. Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun dalam bidang penerjemahan, Mediamaz TS juga memberikan layanan terbaik dengan tim penerjemah yang profesional dan andal.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi tim Mediamaz TS, atau cek di website resmi Mediamaz dan klik link di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *