Ahli Bahasa Inggris Bisa Bekerja di Mana Saja Sih? Simak Penjelasannya di Sini!

Ahli Bahasa Inggris Bisa Bekerja di Mana Saja Sih? Simak Penjelasannya di Sini!

Menjadi seorang ahli bahasa memang memiliki banyak keuntungan, khususnya ahli bah-vasa Inggris. Kamu bisa menjalani berbagai pekerjaan, terutama sebagai seorang penerjemah. Penerjemah tidak hanya bertugas menerjemahkan dokumen tetapi memahami makna bahasa yang akan tersampaikan. Apalagi jika Kamu menekuni hobi dalam mempelajari bahasa Inggris, semakin mempermudah menjadi penerjemah. Kebutuhan akan penerjemah semakin hari kian meningkat, menjadikan peluang pekerjaan terus bertambah.

Jika Kamu penasaran, apa saja yang seorang ahli bahasa inggris kerjakan, kemudian cara menjadi ahli bahasa dan sebagainya. Simak penjelasan pada artikel berikut ini.

Pengertian Ahli Bahasa Inggris

definisi ahli bahasa inggris

pinterest

Menurut KBBI, ahli adalah orang yang mahir atau paham terhadap suatu ilmu. Artinya secara umum ahli bahasa Inggris adalah orang yang mahir atau paham terhadap bahasa inggris. Dalam hal ini, seseorang mampu mendalami, mengerti mengenai bahasa Inggris. Baik dari segi bahasa, makna dan hal lainnya yang berhubungan dengan bahasa Inggris.

Tugas Menjadi Seorang Ahli Bahasa Inggris

tugas menjadi ahli bahasa

freepik

Selain ahli dalam bahasa, jika Kamu memang menyenangi bidang ini banyak sekali pekerjaan yang bisa Kamu lakukan. Seperti bekerja pada bidang pendidikan, industri teknologi, media kreatif, dan penerjemahan. Ilmu yang sudah Kamu pelajari selama ini bisa berguna, khususnya pada bidang penerjemahan. Bekerja sebagai ahli bahasa tidak hanya berfokus menerjemahkan, tetapi mempelajari fonetik, morfologi, kalimat dan makna. Maka menjadi penerjemah adalah pekerjaan yang paling sesuai jika Kamu lulusan sastra khususnya bahasa Inggris.

Berikut ini tugas yang Kamu kerjakan jika menjadi seorang penerjemah bahasa:

  • Menerjemahkan buku-buku karya sastra, dokumen, film dari bahasa utama ke bahasa target baik lisan atau tulisan
  • Menyampaikan makna dari pesan dengan sebenar-benarnya sesuai dengan lokalisasi bahasa target
  • Menulis dan mengedit salinan dalam bahasa target
  • Berkonsultasi pada klien terkait proses penerjemahan
  • Melakukan pengecekan pada hasil penerjemah, mulai dari ejaan sampai konteks isi
  • Memahami unsur struktur kalimat, hubungan antara satu bahasa dengan bahasa lainnya

Peluang Berkarir Sebagai Ahli Bahasa

peluang berkarir sebagai ahli bahasa inggris

pinterest

Sebetulnya peluang berkarir dari memahami sebuah bahasa asing sangat banyak dan jangkauannya luas. Seperti yang tercantum pada poin sebelumnya, Kamu bisa menekuni pekerjaan apapun dan bidang manapun. Terutama jika ingin menjadi seorang penerjemah, kebutuhannya akan selalu bertambah setiap waktunya. Sangat berpeluang jika Kamu merupakan lulusan sastra dan berniat mendalami bidang tersebut. Penerjemah terbagi menjadi dua, yakni penerjemah tersumpah dan profesional kemudian bisa juga sebagai interpreter.

Bagaimana Cara Menjadi Ahli Bahasa?

Beberapa langkah-langkah yang bisa Kamu lakukan, agar Kamu bisa bergabung menjadi salah satu ahli bahasa, antara lain:

Memiliki Kemampuan Bahasa Inggris yang Baik

Bisa menerjemahkan saja belum cukup untuk menjadi seorang ahli bahasa. Kamu harus memahami pemaknaan dan arti yang sesuai dengan lokalisasi bahasa target. Bukan hanya belajar penulisan, tetapi budaya sebuah negara target harus Kamu pahami. Setelah menguasai hal tersebut, proses penerjemahan akan semakin mudah untuk Kamu kerjakan.

Kemampuan Membaca yang Baik 

Penting memang menguasai kemampuan menerjemahkan, namun satu yang tidak boleh tertinggal adalah kemampuan membaca yang baik. Seorang ahli bahasa Inggris tidak boleh hanya mengerti penerjemahan, namun harus membiasakan diri dengan membaca agar tidak mengalami kesalahan dalam terjemahan.

Memahami Budaya 

Melakukan penerjemahan tentunya tidak bisa asal-asalan, perlu memahami budaya agar dalam menerjemahkan bisa lebih sesuai dengan makna yang sebenarnya. Agar bisa menguasai ini, Kamu tidak harus mengunjungi negaranya, namun bisa belajar dari berbagai referensi. Seperti jurnal, ensiklopedia, internet, buku dan sebagainya.

Mengikuti Bootcamp atau Kelas Bahasa

Mengasah kemampuan berbahasa Inggris agar semakin lancar dan ahli, Kamu bisa mengikuti pelatihan atau bootcamp. Program bootcamp akan membantu Kamu, memperdalam ilmu penerjemahan dan lainnya. Kelas pelatihan ini nantinya akan memberikan Kamu penilaian seberapa jauh kemampuan penerjemahan Kamu. Ada banyak benefit yang bisa Kamu dapatkan jika bergabung pada bootcamp penerjemah.

Yuk, Bergabung di Bootcamp Penerjemah dari Mediamaz Translation Services

Telah berpengalaman dalam menyelesaikan permasalahan terjemahan lebih dari 20 tahun, Mediamaz TS kini menyediakan layanan pelatihan atau bootcamp. Bagi Kamu yang berminat untuk mempelajari kemampuan ahli bahasa Inggris dan mempertajam kemampuan bahasa Kamu. Mediamaz TS saat ini menyediakan 2 bahasa untuk Anda yang ingin mengikuti bootcamp penerjemah , yaitu: Bahasa Inggris dan Jepang. Saat ini Mediamaz menjadi penyedia program bootcamp penerjemah satu-satunya di Indonesia dan khusus untuk Anda.

Program bootcamp penerjemah sudah bisa Kamu ikuti dari tanggal 1-31 Agustus 2022. Bentuk pelatihan ini adalah online dan berlangsung selama 3 bulan. Tersedia untuk berbagai kualifikasi, seperti: Pelajar, Mahasiswa, Pemula sampai Profesional. Tidak hanya mengadakan pelatihan penerjemah, Mediamaz TS juga mempunyai layanan sertifikasi penerjemah. Sertifikasi penerjemah diperuntukan untuk Kamu yang sudah menjadi penerjemah profesional maupun freelance dengan pengalaman. Silahkan kunjungi website bootcamp penerjemah untuk informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.