Beasiswa Luar Negeri S2 dan S3 yang Tidak Ada Batasan Usia

Beasiswa Luar Negeri S2 dan S3 yang Tidak Ada Batasan Usia

Beasiswa Luar Negeri S2 dan S3 yang Tidak Ada Batasan Usia

Apakah kamu sedang di ambang kebingungan memiliki kuliah lagi S2/S3, atau karier, bahkan menikah? Jangan khawatir, kesempatan beasiswa bisa datang kepada siapa pun tanpa memandang usia. Terdapat 5 beasiswa luar negeri S2 dan S3 tanpa batasan usia di 2021 ini, loh! Kamu tidak perlu khawatir memilih atau mengorbankan salah satunya. Adanya beasiswa ini membuatmu dapat memiliki alternatif untuk melanjutkan pendidikan tanpa batas.

 

Beasiswa Australia Awards

Beasiswa tanpa usia yang satu ini akan mengantarkan kamu untuk belajar gratis di luar negeri, khususnya di Australia. Dilansir dari situs resmi Australia Awards Scholarship, beasiswa penuh (fully funded) ini memberikan kesempatan kepada penduduk benua Asia, Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika untuk melanjutkan kuliah jenjang S2 dan S3 di negeri kangguru tersebut.

Setiap negara yang tercantum memiliki tanggal pendaftaran yang berbeda. Khusus Indonesia, biasanya dibuka pada awal Februari hingga akhir April. Terdapat dua pilihan cara pendaftaran, yaitu online melalui Online Australia Scholarship Information System (OASIS) dan e-mail. Cek situs resminya supaya tidak ketinggalan pendaftaran tahun ini, ya!

 

Fulbright Scholarship

Beasiswa penuh S2 dan S3 yang satu ini juga tidak mencantumkan kriteria usia. Eminef menawarkan kesempatan kepada penduduk di 125 negara di dunia untuk merasakan studi gratis di Amerika dengan beasiswa Fulbright. Dengan minimal skor IELTS 6,5, surat rekomendasi, dan dokumen dalam bahasa Inggris lainnya, beasiswa ini terbuka untuk semua jurusan kecuali jurusan kedokteran yang berkaitan dengan patient care atau clinical patient contact.

Sebagai perbandingan, beasiswa Chevening 2020-2021 dibuka pada September 2019, maka kesempatan tahun 2021-2022 juga kemungkinan besar datang di September tahun ini. Setiap tahun, ratusan ribu peserta memperebutkan kuota beasiswa prestisius ini. Biar kamu dapat mempersiapkan lebih matang, yuk, cek situs resminya di tautan ini!

 

Swedish Institute Scholarship for Global Professionals

Pemerintah Swedia menawarkan beasiswa S2 di luar negeri melalui program Swedish Institute Scholarship for Global Professionals (SISGP). Beasiswa tanpa batasan usia ini memberikan kesempatan kepada sarjana yang telah memiliki pengalaman kerja (magang/full time/ part time/sukarelawan/manajerial) untuk merasakan studi gratis di sana. 

Beasiswa tanpa batasan usia ini memiliki cakupan yang sangat menjanjikan, yaitu biaya kuliah, tunjangan hidup senilai SEK 10.000 atau setara dengan Rp 14,7 juta per bulan, biaya perjalanan yang diberikan satu kali sebesar SEK 15.000 (Rp 22,1 juta). Pun, pemerintah Swedia juga menyiapkan asuransi kecelakaan dan kesehatan untuk mahasiswa internasional. Selain itu, peserta beasiswa yang lolos seleksi juga dijamin dalam relasi dengan tergabung sebagai anggota SI Network for Future Global Leaders (NFGL) dan anggota SI Alumni Network setelah menyelesaikan masa studi.

 

Chevening Scholarship

Seperti beasiswa Swedish Institute Scholarships for Global Proffesionals, beasiswa penuh yang diberikan oleh Pemerintah Inggris ini, mengharuskan para pelamar untuk memiliki pengalaman kerja selama dua tahun dengan total 2.800 jam kerja.

Tidak hanya untuk pekerja full time, namun juga berlaku untuk para pekerja part time, volunteer, dan magang. Bahkan jam kerjanya juga bisa dihitung dengan pekerjaan kamu sebelum lulus kuliah lho!. Eits, ini tidak berlaku bagi pekerjaan atau magang dari kewajiban kampus.

Beasiswa ini bisa kamu dapatkan, asal memenuhi beberapa persyaratan, yaitu warga Indonesia, wajib kembali ke negara tercinta minimal dua tahun setelah study selesai, menyelesaikan pendidikan sarjana, dan memenuhi persyaratan lainnya seperti, band score IELTS 6,5 dan persyaratan bahasa inggris dari universitas yang dipilih untuk mendapatkan LoA Conditional. Untuk informasi lebih lanjut bisa di cek pada www.chevening.org ya!

 

Orange Knowledge Scholarship Program

Beasiswa ini merupakan program lima tahun yang didanai oleh Kementerian Luar Negeri Belanda. Masa berlakunya beasiswa ini ialah 2017 hingga 2022. Bagi kamu yang sudah bekerja dapat mencoba kesempatan ini, loh! Program ini menargetkan karyawan yang bekerja di perusahaan NGO, LSM, organisasi kecil, universitas, privat, dan lembaga kejuruan. Setiap negara memiliki tema yang berbeda untuk dipelajari. Bagi Indonesia, prioritas bidangnya yaitu Rule of Law, Water, Agriculture, dan Sustainable Entrepreneurship.

Meskipun tidak ada batasan usia, ribuan pelamar dari dari 51 negara bersaing untuk mendapatkan kuota penerima beasiswa spesial ini. Terdapat dua jenis pelatihan beasiswa, yaitu TMT dan TMT Plus. Program TMT akan disubsidi oleh pemerintah Belanda sebesar € 75.000 dengan durasi pelatihan maksimal dua belas bulan. Sedangkan TMT Plus memiliki subsidi sebesar € 400.000 dengan durasi pelatihan maksimum 24 bulan. Supaya lebih jelas, unduh dokumen lengkap di sini, ya!

 

Layanan Mediamaz Translation Service

Itulah 5 beasiswa S2 dan S3 tanpa batasan usia yang dapat mengurangi keraguanmu dalam menggapai cita-cita sekolah di luar negeri. Perihal pengurusan dokumen, nggak usah khawatir! Karena kami bisa menjadi solusi dari kesulitan kamu dalam hal menerjemahkan dokumen ke bahasa negara tujuan hingga legalisasi. Kamu bisa langsung hubungi kami di sini.

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *