Ini Dia 12 Fakta Menarik Universitas Stanford di Amerika Serikat

Ini Dia 12 Fakta Menarik Universitas Stanford di Amerika Serikat

Menjadi salah satu kampus terbaik di dunia, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan kampus yang satu ini. Yup! Universitas Stanford. Bahkan jauh sebelum kamu membaca artikel ini, mungkin saja Universitas Stanford sudah masuk ke dalam list kampus idaman kamu. Di Indonesia sudah ada artis tanah air yang berhasil menyelesaikan studi magisternya di kampus ini, yaitu Maudy Ayunda. Maudy telah menjadi public figure yang dapat memberikan contoh kepada generasi muda di Indonesia untuk mengejar pendidikan setinggi langit. Untuk itu, Meddy mau ajak kamu mengenal lebih baik tentang kampus ini melalui 12 fakta menarik dari Universitas Stanford.

Universitas Stanford

pinterest.com

Profil Universitas Stanford

Leland Stanford Junior University merupakan nama lain dari Universitas Stanford. Kampus ini merupakan kampus swasta yang terletak di California, Amerika Serikat. Stanford University didirikan pada tahun 1885 oleh sepasang suami-isteri bernama Leland Stanford dan Jane Stanford. Leland Stanford adalah seorang Gubernur dan Senator dari California. Universitas Stanford mengalami kemajuan yang sangat pesat hingga terkenal sebagai salah satu universitas yang terkemuka di dunia. Sejak tahun 1952, kampus ini telah memiliki lebih dari 50 fakultas, staf, dan alumni yang berhasil memenangkan Hadiah Nobel. Bahkan kampus ini berhasil melahirkan alumni hebat yang telah mendirikan banyak perusahaan raksasa seperti Google, Hewlett-Packard, Cisco Systems, LinkedIn, GAP, Netflix, Nike dan Yahoo!

12 Fakta Menarik Universitas Stanford

Berikut ini fakta-fakta menarik yang harus banget kamu tahu tentang Universitas Stanford. Apalagi kalau kamu telah menetapkan diri dan bercita-cita untuk kuliah di sana. Mungkin fakta-fakta ini akan membuat kamu semakin semangat mengejar kampus idamanmu atau dapat membuat kamu lebih baik dalam beradaptasi di sana.

1. Universitas Terbaik Ketiga di Dunia

Universitas Stanford

pinterest.com

Universitas Stanford berhasil menduduki posisi ketiga dalam urutan universitas terbaik di dunia dilansir dari topuniversities.com pada tahun 2022. Penilaian ini tentunya berdasarkan segala aspek berpengaruh yang mendorong Stanford University menjadi salah satu universitas terbaik. Bahkan kampus yang terletak di California ini merupakan kampus yang menduduki posisi nomor dua di dunia dilansir dari webometrics. Hal ini menunjukkan bahwa Universitas Stanford adalah kampus yang populer dan diminati oleh banyak orang.

2. Memiliki Beragam Etnis, Ras, dan Kewarganegaraan

Universitas Stanford

pinterest.com

Menjadi kampus swasta dan menyandang gelar sebagai kampus terbaik dunia, bukan tidak mungkin kalau mahasiswa dan staf universitas akan terisi oleh orang-orang dari beragam latar belakang. Universitas Stanford membuka peluang untuk siapapun dapat mengenyam pendidikan di sana. Sehingga, mahasiswa yang berkuliah di sana memiliki ras, etnis, bahkan kewarganegaraan yang berbeda-beda. Sebagai contoh, meskipun terletak jauh di Amerika Serikat, Maudy Ayunda yang berkewarganegaraan Indonesia memilih untuk belajar dan mengembangkan pengetahuannya di sana. Menarik sekali, ya!

3. Fountain Hopping

Pernah dengar istilah fountain hopping? Buat kamu yang belum tahu, fountain hopping adalah istilah terkenal di masyarakat Stanford yang berarti tradisi di mana sarjana kampus ini akan bermain di air mancur di wilayah kampus. Sekelompok mahasiswa sarjana tersebut biasanya akan berenang, hangout, duduk di pinggiran air mancur, hingga melompat di antara berbagai air mancur di sekitar kampus. Tradisi ini biasanya berlangsung dengan teman asrama selama NSO atau Orientasi Siswa Baru di awal tahun pertama. Universitas Stanford memiliki banyak sekali air mancur. Namun, ada 5 air mancur yang cocok untuk tradisi fountain hopping yaitu sebagai berikut:

  1. Memorial Auditorium Fountain di seberang Hoover Tower
  2. The 100 Years Fountain di luar Green Library
  3. Red Hoop Fountain di luar sisi lain Green Library
  4. The Claw Fountain di White Plaza oleh Tressider
  5. Sunken Pool Fountain yang juga terkenal dengan nama Terman Fountain di luar Thornton.

4. Menara Hoover

Universitas Stanford

pinterest.com

Menara Hoover di Stanford adalah ikon yang sering dikunjungi oleh mahasiswa maupun pengunjung lainnya. Hoover ini adalah hadiah dari Yayasan Pendidikan Belgia-Amerika. Bangunan ini juga merupakan bagian dari Hoover Institution on War, Revolution and Peace yang merupakan sebuah pusat penelitian kebijakan publik yang berafiliasi dengan Stanford. Seorang alumni Universitas Stanford dan juga presiden Amerika Serika ke-31, Herbert Hoover, adalah pendiri menara Hoover.

5. Motto Universitas Stanford

Menjadi kampus terkemuka yang melahirkan alumni hebat pastilah memiliki motto dalam menjalankannya. Kampus ini memiliki motto berbahasa Jerman “Die Luft der Freiheit weht” yang memiliki arti “Angin kebebasan berhembus”. Universitas Stanford memiliki motto berbahasa Jerman karena mengambil kutipan dalam Bahasa Jerman yang pada saat itu Bahasa Jerman baru saja menggantikan Bahasa Latin sebagai bahasa yang dominan  dalam sains dan filsafat.

6. Arizona Cactus Garden

pinterest.com

Stanford University memiliki kebun raya dengan begitu banyak kaktus dan sukulen. Sepasang suami-isteri pendiri Universitas Stanford membuat kebun raya ini dan mulai menanami dan merawatnya sejak 1880-1883. Saat ini, beberapa tanaman kaktus dan sukulen yang asli dan berpotensi masih hidup akan dipulihkan dan dirawat kembali. Kelihatannya, kebun raya kaktus ini sering menjadi lokasi foto, lho!

7. Gudangnya Olahraga

pinterest.com

Universitas Stanford memiliki banyak sekali tim olahraga yang namanya sukses menjadi atlet-atlet terkenal dunia. Kampus ini mengikuti banyak sekali Olimpiade dan mengumpulkan beragam medali. Bahkan universitas ini memiliki kumpulan medali yang jumlahnya lebih banyak jika dibandingkan dengan universitas lain di Amerika Serikat.

8. Memiliki Fasilitas yang Lengkap

pinterest.com

Menjadi universitas terbaik di dunia tentunya membuat Universitas Stanford terus mengembangkan sarana dan prasarana kampus supaya mahasiswanya dapat belajar dengan nyaman dan baik. Terdapat berbagai fasilitas untuk membantu mahasiswanya mengembangkan kemampuan akan pengetahuan maupun keterampilan. Fasilitas yang tersedia di Universitas Stanford antara lain adalah asrama universitas, koleksi perpustakaan, fasilitas olahraga, fasilitas medis, jumlah museum, kapasitas asrama, dan tentunya kampus yang besar.

9. Penerimaan Mahasiswi Perempuan Pernah Dibatasi

Sebenarnya pada awal pendirian Universitas Stanford, tidak ada pembatasan gender untuk siapapun yang ingin menjadi mahasiswa di kampus ini. Namun, suatu waktu pernah terjadi pembatasan penerimaan mahasiswi perempuan. Hal ini bukan tanpa alasan, ini bermula karena kekhawatiran salah satu pendiri Stanford University yaitu Jane Stanford. Beliau merasa bahwa apabila tidak ada pembatasan penerimaan mahasiswi maka kampus ini akan penuh oleh mahasiswi perempuan saja. Hal ini tidak sesuai dengan niat awal sepasang suami-isteri pendiri Stanford bahwa universitas tersebut didirikan dengan tujuan awal untuk mengenang meninggalnya putra mereka yaitu Leland Stanford Jr.

10. Kampus Ini Berusia 131 Tahun

Kampus ini didirikan pada tahun 1885, namun dibuka pada 1 Oktober 1891. Oleh karena itu, Stanford University ini telah menginjak usia ke 131 pada tahun 2022. Apabila usia kampus ini adalah usia manusia, pasti sudah banyak sekali pengalaman yang sudah terlewati, ya! Sehingga, Universitas Stanford memiliki peringkat ketiga sebagai universitas terbaik di dunia dan meluluskan berbagai alumni hebat setiap tahunnya.

11. Stanford Telah Meluluskan Banyak Orang Hebat

pinterest.com

Berusia 131 tahun dan telah bersaing lama di kancah internasional, tentu saja kampus terbaik ini memiliki beberapa lulusan terbaik di dunia. Bahkan beberapa di antaranya memberikan pengaruh hebat untuk perkembangan dunia. Berikut ini beberapa alumni Stanford University yang terkenal dan memberikan kontribusi pada dunia:

  1. Larry Page (Berkuliah pada pertengahan 1990an dan dan merupakan salah satu CEO Pendiri Google)
  2. Sigourney Weaver (Berkuliah pada pertengahan 1969-1972 dan merupakan Aktris Hollywood dan terkenal dengan Ratu Sci-Fi)
  3. Tiger Woods (Mendapat beasiswa pada 1994-1996 dan terkenal menjadi the legend of golf)
  4. Sergey Brin (Berkuliah pada pertengahan 1990an dan merupakan salah satu pendiri Google)
  5. Peter Thiel (Berkuliah pada 1985-1989 dan merupakan salah satu pendiri PayPal)

12. Sejarah Penamaan Universitas Stanford yang Mengharukan

Seperti yang telah disebutkan di profil Stanford University, kampus ini didirikan oleh senator California bernama Leland Stanford dan isterinya yang bernama Jane Stanford. Sepasang suami-isteri ini memiliki seorang anak yang bernama Leland Stanford Jr. Namun pada usianya yang ke-16 tahun, Leland Stanford Jr. meninggal dunia karena tipus pada tahun 1884. Oleh karena itu, sepasan suami-isteri ini mendirikan sebuah universitas sebagai peringatan dan menamakannya dengan nama anak mereka yaitu Leland Stanford Junior University.

Itulah 12 fakta menarik mengenai Universitas Stanford. Kunjungi artikel kami yang lain untuk berbagai pengetahuan baru dan fakta-fakta universitas lainnya!

Mediamaz Translation Service

Apabila kamu ingin berkunjung atau justru memiliki mimpi untuk berkuliah di Universitas Stanford, pasti kamu harus mengurus beberapa hal terkait dokumen penting untuk berpergian ke Amerika Serikat. Oleh karena itu, kamu dapat menggunakan jasa penerjemahan dan legalisasi dokumen di Mediamaz Translation Service untuk memudahkan kamu dalam mengurus dokumen-dokumen penting yang kamu perlukan. Kamu tidak perlu khawatir akan kualitas penerjemahan dan legalisasi di perusahaan kami, karena kami akan menjamin kualitas penerjemahan dan legalisasi pada dokumen kamu. Mediamaz TS juga akan membantu kamu dalam keperluan lain yang mungkin kamu perlukan. Mengenai informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi perusahaan kami di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.