Mengenal Fakultas Ilmu Pendidikan – Universitas Terbaik & Prospek Kerja

Mengenal Fakultas Ilmu Pendidikan – Universitas Terbaik & Prospek Kerja

Mengenal Fakultas Ilmu Pendidikan – Universitas Terbaik & Prospek Kerja

Gais adakah yang memiliki passion di bidang pendidikan? Barangkali di antara kamu yang memiliki passion besar di bidang pendidikan, namun masih ragu untuk melanjutkan pendidikan tinggi di bidang ini. Karena, tidak jarang dianggap nggak memiliki prospek yang menjanjikan karena pilihan kariernya yang mentok hanya sebagai “guru”. Hmm.. kata siapa? Artikel ini akan mengenal Fakultas Ilmu Pendidikan dengan universitas terbaik dan prospek kerja.

 

Mengenal Lebih Dekat dengan Jurusan Ilmu Pendidikan

Jurusan Pendidikan merupakan bidang ilmu yang menyiapkan lulusannya untuk menjadi seorang guru. Kamu akan dibekali dengan berbagai keterampilan yang dapat menunjang pelaksanaan tugas profesi mulia tersebut. 

Selain mempelajari suatu bidang studi, kamu juga akan fokus mempelajari bagaimana proses transfer ilmu yang efektif dari guru kepada murid, bagaimana cara yang tepat untuk mengajar, bagaimana mengelola kelas, bagaimana mengembangkan program pembelajaran di kelas, dan sebagainya.

Jurusan Pendidikan biasanya terdapat di beberapa fakultas, salah satunya fakultas Ilmu Pendidikan. 

5 Universitas dengan Jurusan Ilmu Pendidikan terbaik di dunia

  1. University College London (UCL)

UCL merupakan universitas yang berada di kota London, United Kingdom. Dalam bidang pendidikan, UCL memiliki sebuah fakultas tersendiri yang bernama Institute of Education (IoE). IoE menyediakan berbagai macam jenjang, course dan riset terkait pendidikan.

Beberapa di antara seperti Art and Culture, Digital Technologies and Education, Learning, Teaching and Assessment, dan masih banyak lagi. Menurut Research Excellence Framework 2014, UCL menjadi universitas nomor 1 dengan aspek Kekuatan Riset Pendidikan. Dengan 25% riset terkait pendidikan di UK, dilakukan di UCL IoE.

     2. Harvard University

Fakultas – fakultas di Harvard University dikenal dengan istilah School. Untuk bidang pendidikan di Harvard sendiri pun memiliki Harvard Graduate School of Education (HGSE). HGSE berdiri sejak tahun 1920 dan telah melahirkan banyak profesional dan pemimpin di dunia pendidikan.

     3. Stanford University

Sama halnya dengan Harvard University, fakultas pendidikan di Stanford University juga disebut dengan Graduate School of Education. Stanford GSE memiliki 17 Research Center dengan lebih dari 100 peminatan terkait bidang pendidikan.

Fakultas pendidikan di Stanford University termasuk salah yang paling tua karena sudah ada sejak pertama kali Stanford University didirikan pada tahun 1891.

     4. University of Cambridge

Bidang pendidikan di University of Cambridge berada dibawah naungan Faculty of Education. Ada 4 Teaching Program di fakultas ini yaitu Graduate Study, Undergraduate Study, PGCE (The Postgraduate Certified in Education). dan Profesional Development

Selain 4 program tersebut untuk mendukung fakultas, Faculty of Education di University of Cambridge juga memiliki 3 Research Group untuk bidang pendidikan.

     5. University of Oxford

Seperti universitas – universitas besar lainnya, fakultas pendidikan di University of Oxford atau disana dikenal dengan Department of Education sudah berdiri sejak lebih dari 100 tahun.

Tidak hanya tua, fakultas pendidikan di sana sudah diakui kualitasnya dengan berhasil menjadi peringkat ke 5 dunia untuk bidang pendidikan. 

 

Fakta Menarik Tentang Jurusan Ilmu Pendidikan

Untuk kamu yang ingin mengemban di jurusannya para calon guru ini, yuk simak penjelasan mengenai fakta menariknya.

  1. Jurusan Serba Tahu

Walaupun jurusan pendidikan memiliki banyak konsentrasi bidang contohnya Pendidikan Biologi, Pendidikan Bahasa Inggris, atau Pendidikan Matematika, namun setiap harinya mahasiswa jurusan Pendidikan tetap harus mempelajari semua jenis mata kuliah lintas jurusan tersebut.

      2. Jurusan yang selalu berpakaian rapi

Sebagai calon pendidik, mahasiswa jurusan pendidikan biasanya diharuskan untuk selalu berpakaian rapi. Hal tersebut dilakukan dengan alasan karena kelak mahasiswa yang akan lulus dan menjadi tenaga pengajar dapat memberikan contoh yang baik bagi para anak didiknya melalui kerapian dalam berpakaian.

      3. Jurusan yang tidak pernah kadaluarsa

Apakah kalian pernah membayangkan jika 10 tahun lagi jurusan pendidikan sepi peminat? Bisa ter-gambarkan betapa berantakannya pendidikan karena tidak ada lagi yang mewariskan ilmu untuk anak cucu kita di masa depan. Di saat orang lain memilih jurusan Marketing atau jurusan Hubungan Internasional, kamu yang berniat memilih jurusan Pendidikan patut bangga sebab kamu adalah agen perubahan yang bertugas mencerdaskan kehidupan bangsa.

 

Peluang kerja untuk Jurusan Ilmu Pendidikan
  1. Guru Sekolah

Prospek kerja jurusan pendidikan yang pertama sudah pasti guru. Bidang ilmu pendidikan memang menyiapkan lulusannya untuk menjadi seorang tenaga pengajar, salah satunya guru sekolah, baik tingkat pendidikan TK, SD, SMP maupun SMA.

      2. Dosen

Sama halnya dengan guru, dosen juga merupakan profesi bagi seorang lulusan jurusan pendidikan. Tapi untuk menjadi seorang dosen harus melewati perjalanan yang tidak mudah. Kualifikasi pendidikan kamu tidak cukup hanya sebatas sarjana saja.

     3. Auditor

Peluang kerja jurusan pendidikan selain menjadi guru atau dosen, juga bisa menjadi auditor loh.. seorang auditor tidak harus berijazah jurusan akuntansi. Kamu sebagai lulusan keguruan dan Pendidikan pun bisa kok menjadi seorang auditor.

      4. Penulis (Content Writer) atau Editor

Tidak ada batasan pendidikan bagi seorang penulis konten. Apalagi di era digital saat ini, profesi content writer maupun editor sangat banyak dicari untuk memperkaya laman situs atau website. Tanggung jawab dari seorang content writer adalah mengelola isi konten hingga mengisi deskripsi produk milik perusahaan.

 

Layanan Mediamaz Translation Service

Begitulah informasi singkat dalam mengenal Fakultas Ilmu Pendidikan. Jadi, gimana teman – teman Meddy tertarik untuk melanjutkan kuliah di Fakultas Ilmu Pendidikan? ternyata peluang kerjanya tidak hanya menjadi guru loh.. Kamu juga bisa lanjutkan studimu di luar negeri dengan menggunakan beasiswa – beasiswa yang dibuka setiap tahunnya!

Nah, untuk kamu yang bingung ingin mengurus dokumen – dokumen untuk pendaftaran beasiswa ataupun perkuliahan kamu ke luar negeri, seperti menerjemah dokumen atau legalisasi. Anda bisa langsung menghubungi kami, sebagai solusi kebingungan tersebut. Kami akan melayani selama 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *