Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Konkuk University, Salah Satu Universitas Terkenal di Korea Selatan

Konkuk University merupakan universitas swasta yang terletak di Seoul, Korea Selatan. Universitas ini berdiri pada tahun 1946 dan hingga kini masih menjadi salah satu perguruan tinggi populer karena telah memberikan banyak kontribusi di berbagai bidang. Selain pencapaian akademik, Konkuk University pun dikenal sebagai salah satu kampus yang alumninya banyak berasal dari kalangan terkenal seperti aktor, aktris hinggal idol K-pop. 

Konkuk University masih memiliki sederet fakta menarik lainnya. Penasaran? Yuk, simak penjelasan di bawah ini sampai selesai, ya!

Konkuk UniversityKonkuk University

Konkuk University yaitu universitas swasta yang terletak di Seoul. Perguruan tinggi terkenal ini memiliki delapan fakultas yaitu Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Seni dan Desain, dan Fakultas Pendidikan. Selain beragam fakultas yang disediakan, universitas ini pun menawarkan berbagai program studi yaitu sarjana dan pascasarjana. Kemudian, kampus ini juga memiliki pusat penelitian dan pengembangan yang aktif dan menjadi pusat inovasi dan teknologi di Korea Selatan.

Sejarah Konkuk University

Konkuk University memiliki sejarah yang cukup panjang dan menarik. Universitas ini berdiri pada tahun 1946 oleh Dr. Yoo Seok-chang. Pada awalnya, sekolah ini hanya menyediakan program sarjana di bidang Teknik dan hanya memiliki dua belas mahasiswa. Seiring tahun berjalan, Sekolah Tinggi Industri Konkuk mengalami perkembangan pesat sehingga pada tahun 1959 berubah nama menjadi Konkuk University. Pada saat itu, universitas ini menyediakan lima program sarjana, yaitu Teknik, Ilmu Sosial, Pedagogi, Seni, dan Ilmu Alam.

Tetapi selama tahun 1960-an, Perguruan Tinggi ini mengalami perkembangan pesat dari jumlah mahasiswa dan program studi yang tersedia. Hingga pada tahun 1970-an, universitas ini pun mulai meningkatkan program pascasarjana di beberapa bidang studi. Lalu pada tahun 1990-an, Konkuk University terus melakukan pengembangan dan perluasan termasuk dengan membuka program studi baru di bidang Bisnis dan Hukum. Maka dari itu, kampus ini dianggap sebagai salah satu universitas terkemuka di Korea Selatan.

Keunggulan Konkuk University

Konkuk University 1

Freepik

1. Beragam Bidang Studi Andalan

Konkuk University hingga kini telah menaungi kurang lebih 22.700 mahasiswa sarjana dan 2.200 mahasiswa pascasarjana yang ada di berbagai bidang studi. Universitas yang juga terkenal dengan beberapa jurusan unggulan seperti Art and Design, Biomedicine, Bioscience, Business Administration, Real Estate Studies.

2. Menyediakan Beragam Program Internasional

Walaupun berfokus pada pengembangan pendidikan nasional, tetapi Konkuk University juga membuka peluang di ranah internasional. Ini terbukti dengan memiliki kerjasama aktif dengan lebih dari 500 universitas di seluruh dunia, termasuk program pertukaran mahasiswa dan penelitian secara bersama. Hal ini untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa dalam memperluas pengalaman dan wawasan internasional.

3. Lokasi Kampus yang Strategis

Kampus ini  terletak di daerah metropolitan Seoul, yang merupakan pusat perekonomian, politik, dan budaya Korea Selatan. Hal ini memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kehidupan dari lingkungan kampus yang dinamis dan mendapatkan kesempatan untuk terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler dengan budaya yang beragam.

4. Pusat Penelitian dan Pengembangan

Konkuk University memiliki pusat penelitian dan pengembangan yang aktif termasuk Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pusat Energi dan Lingkungan, Pusat Bioteknologi, dan Pusat Kebijakan Publik dan Keamanan. Fasilitas ini memungkinkan mahasiswa dan staf akademik untuk melakukan penelitian dan pengembangan yang inovatif dan berkualitas tinggi.

5. Pusat Penelitian dan Pengembangan

Konkuk University memiliki pusat penelitian dan pengembangan yang aktif termasuk Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pusat Energi dan Lingkungan, Pusat Bioteknologi, dan Pusat Kebijakan Publik dan Keamanan. Fasilitas ini memungkinkan mahasiswa dan staf akademik untuk melakukan penelitian dan pengembangan yang inovatif dan berkualitas tinggi.

6. Kualitas Pengajaran Bermutu

Perguruan Tinggi ini memiliki staf pengajar yang berkualitas dan berpengalaman pada bidang masing-masing. Selain itu juga menerapkan kurikulum yang berorientasi pada penyelesaian dan pemecahan masalah sehingga mahasiswa dapat memperoleh keterampilan praktis yang diperlukan untuk menghadapi tantangan dunia nyata dalam bekerja.

7. Menyediakan Program Beasiswa

Universitas ini juga menyediakan beragam program beasiswa, termasuk beasiswa akademik, beasiswa olahraga, dan beasiswa internasional. Program-program ini memberikan dukungan keuangan bagi para siswa yang memenuhi syarat.

Fakta Menarik Konkuk University

Konkuk University 2

1. Sering Menjadi Lokasi Syuting Drama Korea

Bagi para penikmat drama Korea, pasti sudah sering melihat berbagai adegan dengan latar tempat universitas. Memiliki struktur bangunan yang ikonik, Konkuk University pun menjadi salah satu universitas yang sering dijadikan tempat syuting.

Salah satu drama Korea populer yang menjadikan Konkuk University sebagai latar tempatnya yaitu Guardian: The Lonely and Great God (2016). Tidak hanya itu, berikut merupakan deretan drama Korea lainnya seperti Tale of the Nine Tailed (2020), Love With Flaws (2019), Maybe, Maybe Not (2019), My ID is Gangnam Beauty (2018), dan Rich Family’s Son (2018) juga pernah syuting di Konkuk University.

2. Alumni Kampus Terkenal

Selain mendukung industri hiburan Korea Selatan dengan mengizinkan wilayah kampus menjadi lokasi syuting. Konkuk University pun telah meluluskan dan mencetak sederet alumni yang terkenal di dunia entertainment. Beberapa nama artis yang memiliki almamater universitas ini adalah Lee Jong Suk, Lee Min Ho, Yoo Ah In, Song Kang, Chae Soo Bin, Lee Hyeri, Hyuna, Nayeon TWICE, Choi Min Ho SHINee, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Fakta Menarik Universitas Hanyang, Universitas Terbaik di Korea Selatan

Siap untuk Kuliah di Konkuk University?

Sebelum pendaftaran pada Konkuk University, pastikan terlebih dahulu bahwa dokumen persiapan kamu sudah lengkap. Jika saat mempersiapkan dokumen, banyak dokumen yang butuh untuk dilegalisasikan ke lembaga pemerintahan, maka Mediamaz Translation Service adalah solusinya.

Mediamaz TS merupakan layanan yang bergerak di bidang penerjemahan dan legalisasi. Perusahaan ini menjadi solusi tepat untuk Anda yang ingin berkuliah di luar negeri karena mampu menerjemahkan dan melegalisasikan dokumen Anda. Anda menjadi lebih mudah dalam melengkapi persyaratakan kuliah yang diperlukan.

Dengan menggunakan jasa legalisasi Mediamaz, dokumen Anda akan dapat selesai dengan cepat tanpa harus datang ke kantor pemerintahan. Biaya yang akan Anda keluarkan pun dijamin adalah yang terbaik. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi tim Mediamaz TS, atau cek di website resmi Mediamaz dan klik link di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *