Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Mie Hitam Korea, Salah Satu Makanan Khas Korea Selatan

Budaya Korea Selatan yang mendunia membuat kuliner khas dari Negeri Ginseng itu pun semakin populer juga. Jika kamu pernah atau sering menonton drama Korea, tentu sudah tidak asing dengan mie hitam Korea atau jajangmyeon. Dalam serial televisi Korea Selatan sering ditampilkan hidangan makanan yang satu ini. Menariknya, mie hitam merupakan hidangan tradisional yang telah berubah menjadi makanan terkenal dengan cita rasa yang unik.

Kalau kamu penasaran seperti apa mie hitam dari Korea Selatan ini? Yuk, cari tahu lengkapnya pada penjelasan di bawah ini!

Apa itu Mie Hitam Korea?

Mie Hitam Korea

Freepik

Mie Hitam Korea dalam bahasa Korea terkenal dengan nama ‘Jajangmyeon’. Makanan ini merupakan hidangan mie khas Korea yang terbuat dari mie gandum dengan saus kedelai hitam yang khas. Saus mie hitam Korea terbuat dari kecap kedelai hitam, daging babi atau sapi yang dicincang halus, potongan bawang bombay, kacang polong dan kadang-kadang juga dengan campuran potongan kentang dan wortel. Penyajian mie hitam Korea biasanya saat masih panas dengan menggunakan sendok dan sumpit. Makanan ini sangat populer di Korea Selatan dan dapat ada di berbagai restoran dan warung makan.

Sejarah Mie Hitam Korea

Mie Hitam Korea 1

Freepik 

Mie hitam Korea pertama kali diperkenalkan di Korea pada awal abad ke-20 oleh para imigran Cina yang menetap di negara tersebut. Mie khas ini sendiri terbuat dari tepung terigu, dan pembuatannya dengan cara panggang atau rebus, kemudian penyajian dengan saus kacang hitam yang kaya akan rempah dan daging babi cincang. Jajangmyeon atau mie hitam awalnya hanya menjadi makanan yang terjangkau bagi kalangan pekerja dan kelas bawah di Korea. Namun, seiring dengan popularitas yang terus meningkat hingga akhirnya menjadi salah satu makanan khas yang paling terkenal di Korea.

Pada tahun 1960-an, mie hitam mulai diproduksi secara massal sehingga menjadi semakin populer di kalangan masyarakat Korea Selatan. Pada waktu ini, mie pun menjadi paling populer di kalangan pekerja dan mahasiswa yang mencari makanan yang murah dan lezat. Saat ini, mie hitam telah menjadi salah satu makanan yang sangat terkenal di Korea Selatan, dan bahkan menjadi salah satu makanan nasional. Selain itu, mie hitam juga telah menyebar ke negara-negara lain di Asia dan menjadi makanan yang populer di luar Korea.

Mengapa Mie Hitam Korea Populer?

1. Rasanya yang Lezat

Jajangmyeon memiliki rasa yang unik dan gurih, yang berasal dari saus kacang kedelai hitam yang menjadi saus utama hidangan ini. Saus ini juga dengan pemberian bumbu-bumbu yang menjadikannya semakin lezat.

2. Harga Terjangkau

Hidangan ini juga terkenal dengan harganya yang terjangkau. Oleh karena itu, banyak orang di Korea Selatan yang memilih untuk makan Jajangmyeon sebagai alternatif makanan cepat saji yang murah dan lezat.

3. Sering Muncul di Drama Korea

Mie hitam juga menjadi populer karena sering muncul di drama Korea. Banyak karakter drama Korea yang makan Jajangmyeon, sehingga menjadi salah satu makanan yang populer di kalangan penggemar drama Korea.

4. Merupakan Simbol Budaya

Selain itu, Jajangmyeon juga menjadi simbol budaya Korea Selatan, khususnya di kalangan orang Korea yang tinggal di luar negeri. Hidangan ini menjadi salah satu makanan yang juga terkenal sebagai simbol identitas dan budaya Korea Selatan.

Fakta Menarik Mie Hitam Korea

Mie Hitam Korea 2

Freepik

  1. Mie hitam Korea merupakan hidangan mie yang sangat populer di Korea dan biasanya tersaji di restoran-restoran mie.
  2. Mie ini bukanlah mie yang terbuat dari gandum seperti mie pada umumnya, melainkan terbuat dari tepung kentang.
  3. Warna hitam pada mie berasal dari bahan pewarna alami yang berasal dari biji kedelai hitam.
  4. Saus pada mie terbuat dari pasta kedelai hitam dengan campuran daging babi, sayuran seperti bawang bombay dan zucchini serta bumbu-bumbu lainnya.
  5. Penyajian mie hitam biasanya dengan acar mentimun yang memberikan rasa segar dan seimbang, serta potongan kecil daging babi yang memberikan rasa gurih pada hidangan.
  6. Mie ini juga tersedia dengan beberapa varian, seperti Jjamppong (mie pedas dengan seafood) dan Tangsuyuk (potongan daging babi goreng dengan saus manis asam).
  7. Selain populer di Negeri Ginseng, mie hitam juga menjadi hidangan favorit di Tiongkok dan terkenal sebagai zhajiangmian serta merupakan salah satu hidangan mie yang paling populer di sana.
  8. Mie ini pun sering menjadi hidangan utama saat perayaan Tahun Baru Imlek di Korea Selatan.

Baca Juga:

Makanan Khas Korea yang Wajib Dicoba

Mengenal Kue Beras Khas Korea yang Populer

Bagaimana? Menarik bukan mie hitam Korea? Selain budayanya yang unik, makanan khas nya pun tidak kalah menarik untuk dicicipi. Kalau kamu ingin berkunjung ke Korea Selatan untuk merasakan mie yang khas dari negara tersebut, jangan lupa untuk persiapkan seluruh kebutuhan dokumen. Apabila kamu membutuhkan jasa penerjemah tersumpah dan legalisasi dokumen pilihlah tempat yang terpercaya, ya.

Jasa Penerjemah Tersumpah dan Legalisasi

Mediamaz Translation Service merupakan perusahaan layanan penerjemah terbesar di Indonesia yang menyediakan jasa Penerjemah Tersumpah, Intepreter dan juga Legalisasi. Mediamaz TS dapat membantu untuk mengerjakan penerjemahan dan legalisasi dokumen dengan cepat dan aman karena Mediamaz TS mempunyai tim yang berkompeten serta berpengalaman selama lebih dari 20 tahun. Telah lebih dari 1 juta dokumen pertahun dan lebih dari 500 dokumen yang dikerjakan setiap minggunya. Oleh karena itu, Mediamaz TS dapat dijadikan sebagai rekomendasi untuk jasa penerjemahan dan legalisasi dokumen.

Kelebihan Mediamaz TS

  1. Mudah, kami akan menginformasikan seluruh persyaratan secara detail dan akan menginformasikan update dari proses pengerjaannya kepada anda.
  2. Murah, kami menawarkan harga terbaik dan sudah pasti terjangkau dan spesial.
  3. Cepat, proses pengerjaan yang cepat dan pastinya sesuai dengan tenggat waktu dan dapat memilih paket pengerjaan yang tersedia.
  4. Hasil berupa Hard Copy dan Soft Copy, sehingga tidak perlu khawatir akan kerusakan dokumen.
  5. Aman dan Rahasia, dengan proses pengerjaan oleh tim yang andal dan profesional, maka tim kami akan selalu menjaga kerahasiaan privasi dokumen.

Jika sedang membutuhkan jasa penerjemahan dan legalisasi dokumen untuk keperluan ke luar negeri, dapat langsung menghubungi tim marketing kami disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *